Kamis, 12 Desember 2013

Study Kelayakan Bisnis


Sesi Tanya Jawab:
1.      Menurut kelompok anda, apakah peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Sistem Kelayakan Bisnis (SKB)? ( Oleh Irene )
Jawaban : Peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Sistem Kelayakan Bisnis (SKB) adalah untuk meningkatkan dukungan atau kualitas dalam meningkatkan efektifitas organisasi, meningkatkan produktifitas pegawai, mengurangi tingkat absensi mengurangi tingkat perputaran kerja atau meningkatkan loyalitas para pegawai dan organisasi.
2.      Apa saja yang dilakukan perusahaan agar Sumber Daya Manusia  dapat dimaksimalkan dalam mencapai tujuan? ( Oleh Chintia )
Jawaban : Yang dilakukan perusahaan agar SDM dapat dimaksimalkan dalam pencapaian tujuan yaitu persiapan dan pengadaan, pengembangan dan penilaian, pengkompensasian dan perlindungan, hubungan-hubungan kepegawaian.
      a.       persiapan dan pengadaan adalah kegiatan analisis jabatan yang dilakaukan untuk mengetahui jabatan-jabatan yang ada dalam organisasi beserta tugas-tugas yang dilakukan dalam persyaratan yang harus dimiliki oleh pemegangjabatan tersebut dan lingkungan kerja dimana aktivitas tersebut dilakukan.
     b.      Pengembangan dan pelatihan adalah produktivitas pegawai dan menjaga terjadinya keusangan kemampuan pegawai akibat perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja.
     c.       Pengkompensasian dan perlingdungan adalah kegiatan untuk mempertahankan dan memelihara semangat kerja dan motivasi para pegawai diberi kompensasi dan beberapa kenikmatan atau keuntungan lain dalam bentuk program kesejahteraan. Hal ini disebabkan pegawai menginginkan balas jasa yang layak sebagai konsekuensi pelaksanaan pekerja.
     d.      Hubungan kepegawaian adalah hubungan yang meliputi usaha untuk memotivasi pegawai, memberdayakan pegawai, yang dilakukan melalui penataan pekerja yang baik, meningkatkan disiplin pegawai agar mematuhi aturan dari kebijakan-kebijakan yang ada dan melakukan bimbingan.
3.      Apa yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)? (Oleh Yeni)
Jawaban : yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Manusia adalah perusahaan dapat mengadakan pelatihan ( bimbingan, trining) dan pengembangan kemampuan untuk melatih para pegawai agar memiliki skill dan kualitas yang dapat dihandalkan oleh perusahaan, dimana jika para pegawainya mempunyai kemampuan atau skill yang handal atau berkualitas maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari para pegawainya misalnya saja kegiatan –kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan jauh lebih lancar ketimbang memiliki pegawai yang belum mempunya kualitas yang memadai untuk kegiatan perusahaan.
4.      Menurut kelompok anda mana yang lebih efektif On The Job Training dan Off The Job Trining  dalam pelatihan Sumber Daya Manusia? ( Oleh Winda )
Jawaban : Menurut kelompok kami diantara on the job trining dan off the job trining keduanya efektif tergantung pada evaluasi pelatihan dan pengembangannya misalnya saja reaksi peserta terhadap isi dan proses pelatihan, pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman pelatihan, perubahan perilaku, perbaikan pada organisasi dan tergantung dari jenis perusahaan dan biaya yang dianggarkan oleh perusahaan.

3 komentar: